Dosen Prodi Akuntansi Syariah Membagikan Pemikirannya pada The 5th Annual Conference for Muslim Scholar (Ancom) di Surabaya Berkaitan dengan Local Culture Value and Relegius Moderation

0

SURABAYA, 21 November 2023 – Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya menjadi saksi kehadiran Arif Zunaidi, seorang dosen Prodi Akuntansi Syariah, dalam The 5th Annual Conference for Muslim Scholar. Acara prestisius ini, yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 November 2023, diselenggarakan oleh KOPPERTAIS IV Wilayah Jawa Timur dan menjadi wadah bagi para akademisi Muslim untuk mendiskusikan isu-isu penting dalam kajian keislaman.

Dalam kluster ekonomi Islam, Arif Zunaidi mempresentasikan hasil penelitiannya dengan tema “Harmonizing Religious Values, Local Culture, and Productive Zakat in Improving the Economic Welfare of MSMEs at the Tebuireng Boarding Social Institution (LSPT) Jombang.” Tema ini mencerminkan upayanya untuk mengkaji moderasi beragama dalam konteks ekonomi Islam, khususnya melalui penerapan nilai-nilai agama, budaya lokal, dan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi UMKM di Lembaga Sosial Pendidikan Tebuireng (LSPT) Jombang.

Arif Zunaidi menjelaskan secara rinci tentang upaya untuk mengharmonisasikan nilai-nilai agama dengan budaya lokal, sekaligus menerapkan zakat produktif sebagai instrumen yang mendukung kesejahteraan ekonomi UMKM di wilayah tersebut. Presentasinya berhasil menyita perhatian hadirin dengan memberikan wawasan baru tentang bagaimana kerangka kerja ekonomi Islam dapat berperan dalam memberdayakan sektor ekonomi mikro.

“Penelitian ini tidak hanya mencari keseimbangan antara nilai-nilai agama dan budaya lokal tetapi juga menjelaskan bagaimana zakat produktif dapat menjadi solusi nyata dalam memajukan ekonomi UMKM di lingkungan LSPT Jombang,” ujar Arif Zunaidi.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah akademisi, peneliti, dan praktisi ekonomi Islam dari berbagai daerah, terutama di Jawa Timur. Terdapat 130 peserta yang lolos dari hampir 300 artikel yang masuk. Para peserta memberikan apresiasi atas kontribusi penelitian Arif Zunaidi yang menggabungkan aspek agama, budaya lokal, dan praktik zakat produktif dalam konteks pengembangan ekonomi UMKM.

Dengan tema yang relevan dan penelitian yang mendalam, Arif Zunaidi membuktikan bahwa pendekatan moderasi beragama dalam ekonomi Islam dapat menjadi solusi strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pada tingkat mikro.

About author

No comments

TUJUAN DAN SASARAN PRODI AKUNTANSI SYARIAH

TUJUAN: Tujuan  Program Studi Akuntansi Syariah adalah menghasilkan lulusan yang kompetitif dan profesional dalam bidang akuntansi Syariah yang mengintegrasikan moderasi Islam, keindonesiaan, dan tanggung jawab ...