PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI LULUSAN

2

A

 

 

 

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI LULUSAN YANG DI HARAPKAN

PRODI AKUNTANSI SYARIAH (AKS)

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI

 

  1. Target penyerapan lulusan (dalam bursa kerja yang dibutuhkan saat ini dan di masa akandatang)

 

No

Waktu Tahun lulus 2024 Tahun Lulus 2025 Tahun Lulus 2026

1.

< 3 bulan

80%

90%

100%

2.

3 ≤ x ≤ 6 bulan

15%

10%

3. >6 bulan 5%

 

  1. Untuk menentukan profil lulusan Program Studi Akuntansi Syariah, dilakukan identifikasi terhadap peluang kerja yang ada di lapangan serta melakukan audiensi dan kolaborasi dengan pemerintah kota, swasta, Lembaga Keuangan Syariah, serta masyarakat umum. Beberapa pemangku kepentingan yang telah terlibat dalam audiensi untuk pembukaan Program Studi Akuntansi Syariah, adalah perwakilan dari Dinas Perpajakan, Bank Jatim Syariah, BRI Syariah, Bank Indonesia, Kotak Amal Indonesia, BAZNAS Kota Kediri, PT. Gudang Garam, IAIN Ponorogo dan Asosiasi Profesi seperti Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Syariah (IAI KASy). Selain audiensi tersebut, berdasarkan studi keterlacakan program studi sejenis seperti Program Studi Akuntansi Syariah IAIN Tulungagung, UIN Maliki Malang, secara umum untuk menjawab kebutuhan akuntan yang mengerti dan menguasai serta menerapkan prinsip-prinsip syariah.
  1. Program Studi Akuntansi Syariah diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut:
  • Menguasai teori akuntansi syariah khususnya baik secara konseptual maupun praktek, seperti akuntansi jasa keuangan syariah, sehingga mampu menghasilkan laporan keuangan perbankan syariah sesuai dengan PSAK akuntansi syariah, PAPSI, dan standar industri bank syariah.
  • Berkemampuan handal siap pakai dalam hal Akuntansi syariah, analisis keuangan syariah dan audit lembaga keuangan syariah.
  • Berkemampuan terampil untuk melakukan pelaporan berbasis teori akuntansi syariah.

Sedangkan tujuan khusus Program Studi Akuntansi Syariah untuk menghasilkan tenaga ahli dengan keahlian sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan teori akuntansi syariah khususnya baik secara konseptual maupun praktek.
  2. Mampu mengolah hasil laporan keuangan entitas syariah
  3. Mampu melakukan audit laporan keuangan syariah baik di lembaga keuangan syariah maupun perusahaan.
  4. Mampu menganalisis laporan keuangan syariah.

 

  1. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas maka ditetapkan Profil lulusan Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri adalah sebagai berikut:
    1. Konsultan Akuntan dan keuangan syariah
    2. Akademisi dalam bidang akuntansi
    3. Konsultan pajak
    4. Auditor laporan keuangan

 Penjelasan mengenai masing-masing profil lulusan tersebut di atas adalah sebagai berikut:

  1. Konsultan Akuntan dan keuangan syariah

Konsultan akuntan dan keuangan syariah adalah profil lulusan yang dapat menjadi tenaga profesional dalam memberikan informasi akuntansi dan keuangan, merencanakan keuangan, merealisasikan perencanaan, hingga mengawalnya sampai usai dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah.

  1. Akademisi dalam bidang akuntansi

Akademisi dalam bidang akuntansi adalah profil lulusan Sarjana Akuntansi Syariah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir serta mampu memberikan jasa pelayanan pendidikan akuntansi syariah kepada masyarakat sesuai dengan ajaran dan etika Islam, keilmuan dan keahlian serta regulasi yang relevan

  1. Konsultan pajak

Konsultan pajak adalah profil lulusan yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

  1. Auditor laporan keuangan

Auditor laporan keuangan adalah profil lulusan yang dapat melakukan audit atas laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan atau organisasi.

 

 

TABEL PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

PROGRAM STUDI AKUNTANSI SYARIAH

 

No Profil Lulusan Kompetensi
1. Konsultan Akuntansi dan keuangan syariah Mampu menguasai instrumen Akuntansi keuangan syariah, kondisi, risiko dan prospek bisnis   perusahaan, Merencanakan, melaksanakan dan menyusun laporan audit.
2. Akademisi dalam bidang akuntansi  Mampu menjalankan tugas sebaga akademisi yang memiliki kemampuan menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas tersendiri dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi atas transaksi sesuai dengan standar akuntansi  keuangan umum dan standar akuntansi keuangan ETAP yang berlaku.
3. Konsultan pajak Menguasai teori perpajakan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kewajiban pajak bagi perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
4. Auditor laporan keuangan Menguasai teori bidang akuntansi dan auditing

 

 

 

 

About author

2 comments

  1. Eliza 4 Agustus, 2023 at 21:19 Balas

    Apakah lulusan akuntansi syariah selalu di persulit dalam skripsinya dan kelulusan nya yang membuat sulit untuk lulus?dan bagaimana mengatasi hal itu agar mahasiswa nya bisa cepat lulus

    • adminaksfebi 22 Agustus, 2023 at 09:15 Balas

      Tidak semua lulusan akuntansi syariah mengalami kesulitan yang sama dalam menyelesaikan skripsi dan mencapai kelulusan. Pengalaman setiap mahasiswa bisa berbeda tergantung pada berbagai faktor, seperti topik penelitian, bimbingan dosen, dan kesiapan pribadi. Kendala yang mungkin dihadapi oleh beberapa mahasiswa tidak selalu mencerminkan pengalaman seluruh program studi. Penting bagi mahasiswa untuk memilih topik yang sesuai, mendapatkan bimbingan yang efektif, serta mengelola waktu dan tugas dengan baik. Kolaborasi dengan rekan-rekan sejawat dan memanfaatkan sumber daya fakultas juga dapat membantu mengatasi hambatan. Fokus pada tujuan yang realistis, keterampilan manajemen waktu, dan ketekunan dalam penelitian akan membantu meminimalkan kesulitan. Fakta bahwa beberapa lulusan berhasil menyelesaikan studi dengan sukses menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, kesulitan dalam skripsi dan kelulusan dapat diatasi.

Post a new comment

JADWAL UTS

Berikut Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) di Prodi Akuntansi Syariah :