Akreditasi Prodi Baru, Prodi Akuntansi Syariah IAIN Kediri Gelar Asesmen Lapangan Secara Daring

0

Berlangsung secara daring (Online), pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 14 dan 15 April 2023 diselenggarakan Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Akuntansi Syariah. Tim Akreditasi bertempat di ruang rapat dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Program Studi Akuntansi Syariah (AKS) dilakukan Asesmen Lapangan (AL) oleh asesor dari BAN-PT melakukan proses Audit dari jarak jauh melalui zoom meeting yang terbagi menjadi dua hari, hari pertama jumat yang dimulai pukul 08.00 dan istirahat pukul 11.00 untuk melakukan sholat jumat, selanjutnya dimulai lagi pukul 13.00 dan diakhiri pukul 15.30 WIB.

Agenda hari pertama diisi dengan pembukaan, konfirmasi data Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT), sesi wawancara dengan pelaksana penjaminan mutu internal, tim akreditasi, manajemen perguruan tinggi dan pengguna eksternal. Untuk hari kedua, sabtu dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 15.30. Agenda hari kedua merupakan lanjutan dari hari pertama, yang diisi dengan sesi wawancara dengan beberapa dosen, beberapa tendik, beberapa mahasiswa dan ditutup dengan penyampaian, pengecekan dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan disertai dengan penyampaian hasil akreditasi ke perguruan tinggi.

Asesor Assesment lapangan terdiri atas dua yaitu Dr. Deni Kamaludin Yusup, M.Ag dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Dr. Slamet Haryono, Se, Ak.,CA, M.Si dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sedangkan yang hadir dalam ruang rapat dekan FEBI IAIN Kediri untuk melakukan AL AKS Secara online melalui Zoom meeting dari unsur Rektorat ada Bapak Rektor IAIN Kediri Dr. Wahidul Anam, M.Ag, Warek I Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag., Warek II Muhammad Muhaimin, M.Ag, Warek III Dr. M. Dimyati Huda, M.Ag., Kabiro AUAK Drs. H. Achmad Heru Achadihari, M.Si., Ketua LPM Dr. H. Muniron, M.Ag., Sekretaris LPM Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi., dan Kepala Pusat PPAPP LPM Dr. Hj. Zuraidah, M.Si. Kemudian dihadiri dari Unsur Dekanat ada Bapak Dekan FEBI IAIN Kediri Dr. H. Imam Annas Mushlihin, M.HI, Wadek I FEBI Dr. Hj. Naning Fatmawatie, MM, dan Wadek II Dr. Ali Samsuri, M.EI, dari unsur Prodi AKS ada Kaprodi Dr. Sri Anugrah Natalina, MM, dan Sekprodi Arif Zunaidi, SHI, MEI, dari unsur GPM ada Muhamad Wildan Fawa’id, M.E.I., dari unsur Ketua Laboratorium, tendik, dosen dan juga perwakilan dari mahasiswa.

Asesmen Lapangan (AL) merupakan rangkaian terakhir dari proses panjang di dalam akreditasi yang wajib diperbarui oleh program studi selama lima tahun. Untuk AL kali ini merupakan pengalaman pertama bagi prodi AKS, sehingga dari unsur alumni belum terpenuhi. Alhamdulillah selama proses AL di AKS kali ini diberikan kelancaran serta kemudahan meskipun dilakukan di bulan puasa dan dilaksanakan di hari sabtu tetapi para pimpinan beserta jajaran tetap melaksanakan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab serta semangat untuk terus memajukan mutu akademik di Satker IAIN Kediri.

About author

No comments

KONTAK

KONTAK   Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Jl. Jogoriyan Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kediri, Jawa ...